You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Berembang
Desa Berembang

Kec. Sekernan, Kab. Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Jl. LINTAS TIMUR RT. 04 DESA BEREMBANG, KECAMATAN SEKERNAN, KABUPATEN MUARO JAMBI, PROVINSI JAMBI -- selengkapnya... SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BEREMBANG, KAMI HADIR DALAM RANGKA MEMBERIKAN PELAYANAN DAN PENGABDIAN UNTUK DESA BEREMBANG YANG LEBIH MAJU

SELAYANG PANDANG DESA BEREMBANG

MUHAMMAD ADAM SYAFUTRA 10 November 2022 Dibaca 147 Kali
SELAYANG PANDANG DESA BEREMBANG

Sebelum menjadi Desa Depenitif, Desa Berembang Berdiri sebelum Indonesia merdeka, ditunjukkan adanya piagam Desa Berembang dari Residen Jambi tanggal 24 September 1828 bertepatan pada Rabu Malam Kamis 14 Robiul Awal 1244 Hijriyah ditanda tangani oleh Sultan Parendangan. Bahwa pada masa itulah pangeran Ratoe Entjik Marto Ningrat diatasnya Sri Padoeka Soeltan Ahmad Nasaroedin, mendapat surat beserta cap. Entjik Marto Ningrat merupakan seorang perantau yang datang dari tanah Jawa Tengah, yaitu dari daerah Rembang.

Entjik Marto ningrat ini selama berada di wilayah Sumatera di (Jambi), menjalin hubungan yang sangat dekat dan baik dengan Sultan Ahmad Nasaroedin Kesultanan Jambi, sehingga Entjik Marto Ningrat ini diangkat sebagai saudara oleh Sultan Ahmad Nasaroedin dan menganugerahkan Piagam Wilayah ini kepada Entjik Marto Ningrat. Untuk memberikan nama wilayah ini oleh kanjeng Sultan Ahmad Nasaroedin sepenuhnya diserahkan kepada Entjik Marto Ningrat. Oleh Entjik Marto Ningrat ini, guna untuk mengenang dan mengingat daerah asal kelahirannya dari Jawa Tengah yaitu dari REMBANG, maka wilayah ini diberilah nama (BEREMBANG) yang artinya berasal dari Rembang.

Entjik Marto Ningrat ini merupakan seorang pemimpin yang sangat arif dan bijaksana, oleh karena beliau sangat menghargai adat melayu sumatera ini, sehingga beliau ber-amanat kepada keturunannya kelak anak cucunya yang lahir untuk memberikan nama kepada anak tersebut dikemudian hari agar jangan terlalu mengedepankan nama yang berciri khas Jawa, kalau pun ada dahulukanlah nama yang ada di wilayah adat melayu sumatera kata Entjik Marto Ningrat.

Kemudian isi piagam tersebut menerangkan perbatasan tanah Berembang yang sebelah Hulu berbatasan dengan tanah pengaren Poerbo ditepi aek, lalu menuju buluran sakehan blut, lalu menuju muaro sakehan  kli, dari situ menuju batang tangris alamatnyo yang ado lagi ado tanah tumbuh berjejer tigo, dari situ menujuh duren reban kambing menuju batang petai gandeng ( Kembar ) dari situ menuju puting sunge manggis, dari situ menuju muaro kersikan lepas kedaratnyo seleok selengkok sungai karsikan, lalu menuju batas tanah merlung.

Demikan yang membetuli bagaimana aturan kata-kata piagam yang lamo itu didalam tanah yang ditetapkan,itu tidak boleh orang lain mengambil barang sesuatunyo melainkan dengan izin yang memegang piagam ini, jika ada yang mengambil seperti tersebut niscaya dihukum secara adat istiadat.

Penghulu Desa Berembang sesudah ENTJIK MARTONINGRAT : Adalah Sbb :

  1. Penghulu JAHJA Alias Pali Betook
  2. Penghulu Abdullah Sani ( Buyut Patah )
  3. Penghulu Bahim
  4. Penghulu Karamoh
  5. Penghulu H.Mahlar
  6. Penghulu Daim
  7. Penghulu Naim
  8. Penhulu Maksim
  9. Penghulu Rahimin
  10. Penghulu Jamaludin ( Kulup Kecik Kutung )
  11. Penghulu Abd Hamid
  12. Penghulu M.Abbas
  13. Penghulu H.Ibrahim
  14. Basri ( PJs.Kades )
  15. Kades H.Usman HU
  16. Kades H.Sa’aban Ali
  17. Kades Pariman Harjo
  18. Tohir ( PJs.Kades )
  19. Kades H.Abdullah Muid
  20. Kades Zulkarnain
  21. Plt. Kades Hidayat

 

DEMOGRAFI

Batas Wilayah Desa

Letak geografi Desa  Berembang , terletak diantara :

Sebelah Utara      : Desa  Bukit Baling

Sebelah selatan   : Sungai Batanghari, Desa Keranggan

Sebelah Barat      : Desa  Pematang Pulai dan Kelurahan Sengeti.

Sebelah Timur      : Desa  Sekernan dan Tunas Baru

 

Terdiri Dari 3 Kepala Dusun dan 12 Rukun Tetangga

Dusun 1 : Dusun Kembang Tanjung Menaungi RT. 01, 02 dan 03

Dusun 2 : Aur Gading Menaungi RT. 04, 05, 06 dan 07

Dusun 3 : Lubuk Panjang Menaungi RT. 08, 09, 10, 11, dan 12.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image